Bayangkan jika Sebuah gelas dengan lubang kecil di bagian bawah diisi air. Lubangnya memang tidak cukup besar tapi setetes demi setetes dapat mengurangi air dalam gelas.
Tapi sekarang pikirkan tentang ini:
Gelas adalah situs web Anda dan air adalah Link Juice (juga dikenal sebagai menghubungkan ekuitas atau nilai) yang Anda dapatkan dari backlink. Dan lubangnya? Itu internal link yang buruk di situs Anda.
Dalam posting ini, saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat mengatasi kebocoran dan meningkatkan SEO Anda dengan strategi Internal Link yang kuat yang memanfaatkan sepenuhnya backlink terkuat Anda.
Mengapa Saya Harus Mempertimbangkan Back Link Dan Internal Link?
Bukan rahasia lagi bahwa link atau tautan adalah dasar dari algoritma mesin pencari. Dan ketika saya mengatakan tautan, maksud saya semua tautan secara umum, eksternal dan internal.
Mesin pencari (khususnya Google) menggunakan tautan tidak hanya untuk menemukan halaman web tetapi juga untuk menentukan relevansi, otoritas, prioritas, dan lusinan hal lain yang memengaruhi peringkat.
Ingat, PageRank masih memainkan peran penting dalam algoritma Google.
Dan jika Anda melihat bagaimana PageRank bekerja dengan mengikuti tautan di tweet Gary, Anda akan menemukan bahwa Back Link dan Internal Link adalah bagian dari proses tersebut.
Meskipun demikian, banyak situs web dan pemilik SEO saja fokus untuk mendapatkan banyak backlink dan kemudian bertanya-tanya mengapa peringkat mereka tidak meroket. Biasanya, mereka akhirnya mengatakan sesuatu seperti “Back Link tidak lagi berfungsi.”
Faktanya adalah ketika Anda mendapatkan banyak backlink ke halaman tertentu di situs Anda, bobot tautan situs lain meningkat. Langkah selanjutnya, yang sering diabaikan, adalah menyebarkannya dengan bijak.
Tentu saja, Anda dapat membuat ratusan backlink ke halaman rumah Anda.
Tetapi jika beranda Anda tidak mengarah ke halaman penting lainnya di situs Anda atau jika ada masalah dengan struktur Internal Link Anda, Anda tidak akan mendapatkan manfaat penuh dari Back Link tersebut.
Internal Link Seo: Cara Meningkatkan Peringkat Dengan Menggabungkan Internal Link Dan Backlink
Internal Link adalah proses kompleks yang terutama didasarkan pada struktur situs Anda. Jadi, jika Anda memiliki struktur yang tepat, Anda berada di tengah jalan.
Saya tidak akan merinci cara membuat struktur situs yang efisien (yang merupakan cerita tersendiri), tetapi yang penting di sini adalah Anda memperbaiki semua lubang di situs sebelum menuangkan lebih banyak jus (tautan).
Ikuti enam langkah ini untuk mendapatkan strategi SEO inbound yang berhasil.
1. Temukan Dan Perbaiki Orphan page And Dead End page
Pertama, mari kita tentukan arti dari istilah-istilah ini untuk menghindari kesalahpahaman.
Orphan page adalah halaman yang tidak menerima Internal Link. Pada dasarnya, baik mesin pencari maupun pengguna tidak dapat mengaksesnya di halaman lain situs Anda.
Sekalipun mesin pencari dapat menemukan halaman-halaman ini melalui peta situs atau Back Link dari situs lain, mereka masih akan kesulitan menentukan relevansi dan konteksnya. Oleh karena itu, orphan page jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mendapatkan peringkat tinggi.
Dead End page adalah halaman yang tidak memiliki Internal Link keluar. Ketika pengguna dan mesin pencari mencapai Dead end page, mereka dapat kembali ke halaman sebelumnya atau bahkan meninggalkan situs sama sekali.
Kedua jenis halaman ini menyebabkan masalah pengoptimalan halaman yang signifikan karena mencegah distribusi tautan yang efisien dan memperburuk pengalaman pengguna.
Jalan buntu dapat dengan mudah ditemukan menggunakan pelacak SEO. Orphan page lebih sulit diidentifikasi, dan Anda mungkin perlu membandingkan data dari berbagai sumber, seperti perayap SEO Anda,Search Console dan Google Analytics.
Kemudian, untuk mengatasi masalah ini, cukup tambahkan Internal Link ke atau dari halaman lain di situs Anda.
2. Perbaiki Tautan Halaman Rusak Dan Pengalihan Tidak Relevan
Saya harap semua orang tahu bahaya tautan rusak. Mereka merusak pengalaman pengguna, membuang anggaran pelacakan mereka dan membakar Juice Link.
Saat ditautkan ke halaman yang rusak, tautan dari halaman donor lain menjadi kurang berharga dan tautan tidak membebani halaman arahan. Ini adalah lubang di kaca Anda.
Di sisi lain, Internal Link ke halaman yang dialihkan adalah kasus yang lebih rumit.
Pada pandangan pertama, Anda mungkin berpikir bahwa itu bukan masalah dan hampir benar. Jika pengalihan berfungsi dengan baik dan membawa pengguna ke halaman yang diinginkan, semuanya 100% benar.
Tetapi ada kasus di mana pengalihan dapat didefinisikan sebagai halaman yang tidak relevan, yang merupakan kesalahan jika bukan pengalihan sementara.
Misalnya, Anda mungkin memiliki tautan di artikel lama yang mengarah ke laman relevan yang, karena alasan tertentu, sekarang dialihkan ke beranda. Dalam hal ini, pengguna yang mengikuti tautan ini akan bingung dan Google tidak akan memberikan Juice Link.
Pengalihan juga dapat menyebabkan halaman rusak atau membawa pengguna ke halaman tempat tautan berada.
Temukan dan ganti semua tautan rusak di situs Anda dan coba hindari Internal Link ke pengalihan. Mengapa membuat pengguna dan bot pencarian mengambil lebih banyak tindakan (selain meningkatkan waktu buka halaman dan menghabiskan anggaran pelacakan) ketika Anda dapat menautkan langsung ke halaman pengalihan
3. Tautan Ke Halaman Paling Penting Dari Beranda
Dalam 99% kasus, halaman beranda adalah halaman yang paling banyak ditautkan ke sebuah situs.
Bila Anda tidak percaya, anda dapat memverifikasinya sendiri dengan memulai akun backlink monitor Anda dan menjelajahi laporan "Top Linked"?
Selain itu, semua halaman internal juga biasanya memiliki tautan ke halaman beranda melalui menu navigasi atau logo. Kombinasi ini menjadikan beranda sebagai akumulator bobot tautan terbesar, jadi tautan keluar adalah yang paling kuat.
Karena itu, gunakan tautan di halaman beranda dengan hati-hati.
Tautkan hanya ke halaman terpenting Anda, seperti halaman pusat, halaman arahan tempat Anda menjual produk atau layanan, atau blog Anda. Jika tidak, Anda dapat dengan mudah mendevaluasi tautan beranda jika Anda menggunakannya secara berlebihan.
Ingatlah bahwa berat tautan dibagi rata di antara semua tautan di halaman. Semakin banyak tautan yang Anda miliki di halaman, semakin sedikit bobot yang dimiliki setiap tautan.
4. Taburkan Tautan Kontekstual di Seluruh Situs
Back Link kontekstual dianggap sebagai jenis backlink paling efektif untuk SEO. Jika mereka dikelilingi oleh konten yang relevan, pengguna dan mesin pencari akan menghargai tautan ini.
Hal yang sama berlaku untuk Internal Link. Namun dalam kasus ini, Anda memiliki kendali penuh atas lokasi tautan. Jika dilakukan dengan benar, tautan ini akan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs Anda dan meningkatkan distribusi bobot tautan.
Saat membuat posting blog baru, biasakan menambahkan tautan kontekstual yang relevan ke halaman lain di situs Anda.
Kami melakukan percobaan dalam perangkat lunak Netpeak, menambahkan tautan kontekstual yang relevan ke posting blog kami, menunjuk ke empat halaman lain dari blog kami. Hasilnya langsung terasa!
Beberapa hal yang tidak boleh dilakukan:
• Jangan gunakan otomatisasi. Itu tidak pernah terlihat alami. Jangan lakukan itu kecuali Anda memiliki situs wiki yang bagus.
• Jangan terlalu sering menggunakan tautan kontekstual (relevansi itu penting). Menautkan ke halaman yang tidak relevan hanya karena judul Anda berisi kata kunci yang ingin Anda gunakan sebagai jangkar tidak berguna.
5. Gunakan Jangkar Deskriptif
Teks jangkar atau Achor text memainkan peran penting dalam pengalaman pengguna dan membantu robot mesin telusur menavigasi situs Anda.
Google merekomendasikan untuk memperhatikan ke teks jangkar Internal Link, seperti halnya tautan eksternal.
John Mueller, analis tren senior untuk webmaster di Google, juga telah menunjukkan pentingnya hal itu.
Tidak ada teknik rahasia untuk membuat teks jangkar untuk Internal Link, dan Anda dapat memperkayanya dalam kata kunci daripada di Back Link. Ingat bahwa mesin pencari jelas tidak merekomendasikan optimasi berlebihan.
Berikut adalah beberapa tips penting untuk mengoptimalkan teks Internal Link:
• Buatlah deskriptif. Gunakan lebih dari satu kata.
• Buatlah unik Jangan gunakan teks jangkar yang sama yang ditautkan ke halaman yang berbeda.
• Gunakan kata kunci yang relevan dengan halaman Target. Tapi ingat, tidak ada isian!
Berikut adalah contoh yang bagus dari teks jangkar yang cocok di Internal Link:
6. Ekstrak Jus Dari Back Link Anda Secara Maksimal
Sekarang setelah permainan Internal Link Anda kuat, Anda bisa mendapatkan bobot paling banyak dari Back Link Anda.
Sebagian besar langkah di atas juga dapat diterapkan pada Back Link untuk mengoptimalkannya dengan lebih baik (karena perlu diingat bahwa mengunduh PageRank berfungsi serupa untuk Internal Link dan eksternal).
Inilah yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan backlink Anda:
6 (A). Dapatkan Back Link Dari Halaman Dengan Tautan Keluar Lebih Sedikit
Secara umum, backlink halaman yang berisi ratusan tautan ke situs lain kurang kuat.
Misalnya, sebuah halaman memiliki PageRank 1 dan 100 tautan keluar. Dalam hal ini, setiap tautan hanya akan menerima 0,01 dari berat tautan (semua hal lainnya sama).
Akibatnya, semakin sedikit tautan keluar yang dimiliki suatu halaman, semakin besar bobot tautan yang diperoleh dari backlink di halaman tersebut.
Tautan ke halaman sumber daya, direktori dan sejenisnya memberikan nilai yang jauh lebih sedikit daripada tautan kontekstual. Ketika mesin pencari menemukan tautan di antara lusinan tautan acak lainnya tanpa konteks, kemungkinan untuk mempertimbangkannya sangat rendah.
6 (B). Dapatkan Back Link Ke Tempat Terkemuka
Perwakilan Google telah berulang kali menyatakan bahwa tautan yang ditempatkan di footer atau bilah sisi jauh lebih berharga daripada tautan di area konten utama.
Juga, terlihat sangat wajar jika Anda memiliki tautan footer atau sidebar dari situs lain. Jenis tautan ini sering digunakan oleh SEO topi hitam, dan mesin pencari mengetahuinya.
Karena robot mesin pencari merayapi halaman dari atas ke bawah, tempat paling kuat untuk Back Link adalah di bagian atas area konten. Lokasi yang menonjol seperti itu juga meningkatkan kemungkinan pengguna akan melihat dan mengkliknya.
Jika Anda membuat tautan tidak hanya untuk mendapatkan lebih banyak Back Link tetapi juga untuk mengarahkan lalu lintas ke situs Anda, perhatikan di mana Anda meletakkannya.
6 (C). Jangan Hanya Fokus Pada Halaman Belakang Tautan Di Halaman Beranda
Memiliki backlink di halaman beranda dengan jangkar merek adalah bagian penting dari membangun merek di mata mesin pencari. Tetapi mereka tidak cukup untuk profil backlink yang berkualitas.
Sebaliknya, perkuat halaman pusat dengan lebih banyak backlink dan mereka akan mentransfer lebih banyak bobot tautan ke halaman situs Anda yang lebih dalam.
Sebagai contoh, mari kita gunakan dua kategori blog: A dan B. Jika Anda membuat backlink untuk kategori A, bobotnya akan lebih besar pada posting blog dan cenderung lebih tinggi daripada posting blog di kategori B.
Dan, jika ditautkan dengan benar, posting blog ini juga mentransfer bobot tautan satu sama lain, menciptakan entitas yang kuat, didorong oleh Internal Link dan Back Link.
6 (D). Pastikan Back Link Anda Diikuti
Karena manipulasi terus-menerus dari PageRank dan spam backlink, rel = atribut “tidak mengikuti”dibuat untuk memberi tahu Google agar tidak mengikuti tautan. Pada dasarnya, bobot tautan tidak akan dilewati jika tautan tidak diikuti.
Untuk memverifikasi bahwa tautan memiliki atribut ini, klik kanan tautan yang dimaksud dan klik "Periksa". Jika Anda melihat sesuatu yang mirip dengan <a href=”link” rel=”nofollow”>anchor</a> , berarti link tidak melewati bobotnya.
KESIMPULAN
Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari backlink Anda, Anda harus terlebih dahulu mempersiapkan landasannya.
Sekarang Anda tahu cara menjaga tautan di situs Anda dan mendapatkan lebih banyak backlink terkuat.
Apa yang kamu tunggu? Segera lakukan!
Post a Comment
Post a Comment